<FONT FACE="orator" color="BLACK"> WELCOME TO MY BLOG

Senin, 25 Januari 2010

BONEK DAN FENOMENA KEBRUTALAN


Sudah sejak dahulu bonek menjadi fenomena yang selalu menodai persepakbolaan Indonesia.Setiap kesebelasan kesayangannya berlaga selalu saja disertai dengan aksi anarkis. Perusakan tempat-tempat umum seperti stasiun, terminal dan tempat-tempat lain, tawuran antar soperter bahkan dengan non suporter, bahkan sampai menimbulkan korban jiwa baik dari pihak bonek sendiri seperti jatuh dari atap gerbong kereta maupun pihak lain.

Dengan mengatasnamakan fanatisme mendukung Persibaya, apa yang diperbuat bonek justru merugikan Persibaya misalnya dengan dikenakan hukuman tidak boleh bertanding selama satu tahun, dikenakan denda oleh komisi disiplin PSSI bahkan dibenci banyak pihak.

Apa yang dilakukan oleh para bonek sebenarnya merupakan tindak kriminal, tidak ada hubungannya dengan sepakbola. Pertandingan sepak bola hanya dijadikan alasan untuk melampiaskan jiwa kriminal mereka. Mereka berani berbuat seperti itu karena jumlah mereka ribuan sehingga mereka merasa mempunyai keberanian untuk berbuat onar.

Untuk itu diperlukan tindakan tegas dari aparat keamanan. Bagi yang berbuat onar perlu ditangkap karena telah mengganggu ketertiban masyarakat. bahkan bila perlu diadili bila memang berbuat kriminal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar